Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili di Dampingi Kepala Dinas Pertanian Kab Sambas

SambasKini.Com. SAMBAS : Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili dan jajaran Forkopimda Kabupaten Sambas, pagi tadi melaksanakan panen padi Tri Sakti, di Kelompok Tani Tunas Baru 2, Gapoktan Meteor, Rabu (24/6/20).
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Geli, Kecamatan Selakau Timur. Dengan dihadiri oleh Forkompinda dan juga pejabat terkait lainnya, seperti Kepala Dinas Pertanian, Kepala BPS Kabupaten Sambas, Dandim 1208/Sambas Letkol Inf Setyo Budiyono dan Camat Selakau Timur.
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili dalam sambutannya mengapresiasi teknologi varietas Tri Sakti yang usia tanamnya hanya memakan waktu 75 hari.
“Sehingga varietas ini bisa panen tiga hingga empat kali dalam satu tahun. Dan hasil panen padi Tri Sakti ini mampu menghasilkan padi 7 hingga 8 ton perhektarnya dalam sekali panen, ini patut kita apresiasi,” ujarnya.
Setelah hasil tes panen padi Tri Sakti dilakukan, ia berharap varietas ini selanjutnya bisa dikembangkan di Kabupaten Sambas.

“Apalagi hasil beras varietas ini kualitasnya cukup baik, sehingga bisa membantu ekonomi masyarakat petani,” tuturnya.
Selanjutnya kata Bupati, untuk mendukung perekonomian petani. Ia meminta kepada para ASN di Lingkungan Pemkab Sambas untuk bisa membeli hasil panen atau beras petani Sambas.
“Untuk mendukung ekonomi pertanian daerah, saya minta ASN di Sambas dan perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Sambas untuk mengkonsumsi beras lokal dari hasil pertanian Kabupaten Sambas,” tegas Atbah.
Dalam kesempatan itu, tidak lupa Atbah memberikan motivasi kepada petani untuk terus memajukan pertanian Sambas.

Kata dia memajukan pertanian Sambas adalah sebagai upaya untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, ia juga meminta kepada para petani untuk terus mempertahankan kebiasaan dan budaya bertani.

Tidak hanya itu, ia juga meminta agar petani melek teknologi serta dapat menerima teknologi baru untuk meningkatkan hasil pertanian Sambas. (Ran)

Sumber : Tribun Pontianak