Menteri Agama

Sambaskini.com, JAKARTA ‐‐ Menteri Agama Fachrul Razi berharap kebijakan Arab Saudi menangguhkan sementara visa umrah terkait penyebaran virus corona tak merembet ke penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. 

“Kalau kami semua inginnya seperti itu [haji tetap bisa berjalan],” kata Fachrul saat ditemui di Institut Daarul Quran, Tangerang, Banten, Kamis (5/3).

Meski demikian dia tak dapat memastikan kemungkinan penyetopan visa umrah oleh Arab Saudi tak berdampak pada penyelenggaraan haji. Karenanya, dia masih menunggu sikap pemerintah Arab Saudi atas kebijakan ini ke depannya.

Ndak, nanti kita tunggu. Kalau namanya kemungkinan masih kita tunggu nanti,” kata dia.

Diketahui, Kerajaan Arab Saudi sudah mengeluarkan kebijakan penangguhan visa umrah bagi WNI dan beberapa negara lain mulai Kamis (27/2) lalu sebagai bentuk antisipasi merebaknya virus corona.

Kebijakan itu menyatakan Kementerian Luar Negeri Saudi akan melarang sementara warga negara asing yang ingin masuk ke negara dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah.

Kemudian mulai Kamis (5/3), pemerintah Arab Saudi juga menghentikan sementara kegiatan umrah bagi warganya sepanjang tahun 2020 ini.

Larangan umrah bagi warga setempat ini diberlakukan setelah Saudi mengonfirmasi kasus kematian kedua akibat virus corona. 

“Kami menghentikan sementara ibadah umrah untuk penduduk dan pemukim di kerajaan,” demikian isi pernyataan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi seperti dikutip AFP, Kamis (5/3).(why)