Ilustrasi 2020

Sambaskini.com : Jakarta ‐‐ Sedang merancang resolusi di tahun baru 2020? Ada baiknya terlebih dahulu melakukan evaluasi capaian di 2019. Harus diakui, rancangan resolusi untuk setahun penuh bisa terasa berat. Bahkan Psychology Today sempat menyebut bahwa setidaknya 80 persen orang yang merancang resolusi untuk setahun, sudah ‘tersungkur’ di Februari.

Untuk membuatnya lebih ringan, tak ada salahnya sedikit menurunkan ego dan merancang resolusi ‘receh’. Receh tak selalu berarti remeh dan tidak penting, tetapi soal berpikir realistis bahwa tiap rencana musti punya langkah dan aksi nyata.

Berikut beberapa resolusi sederhana 2020 yang bisa diterapkan sebagai resolusi sederhana namun bisa berpengaruh besar jika terus dilakukan secara rutin.

1. Memperbanyak asupan sayur

Tubuh yang kuat, perlu asupan yang sehat. Sayur bisa menjawab kebutuhan ini. Sayur jadi sumber serat, vitamin dan mineral. Meski banyak yang tahu hal ini, tak banyak yang benar-benar menyisipkan sayur di menu harian.

Olah karenanya, sisipkan sayuran dalam menu makan harian setiap hari. Melansir dari Woman’s Day, coba trik lain yakni dengan mencoba jenis sayuran baru. Ini bakal jadi pengalaman tak terlupakan.

2. Lebih banyak membaca

Urusan buku, barangkali orang terpana dengan capaian jumlah buku yang mampu dibereskan. Geser resolusi dengan lebih banyak membaca. Artinya, lebih banyak halaman yang terbaca. Sempatkan membuka dan membaca halaman-halaman buku di sela makan siang, naik kendaraan umum atau di sela hari libur.

3. Rancang kegiatan seru per minggu

Tiap tahun berganti stres tak pernah bosan mampir. Liburan tiap tahun pun rasanya tak pernah cukup menurunkan stres. Untuk bulan pertama di 2020, ada baiknya mencoba beragam aktivitas dan lihat mana yang terbaik buat Anda.

Aktivitas tak harus baru, bisa saja menghidupkan hobi yang lama tak dilakukan. Coba seminggu sekali sehingga ada empat kegiatan berbeda. Di akhir bulan, Anda bakal tahu aktivitas terbaik yang paling baik menurunkan stres.

4. Olahraga lagi

Tahun lalu badan kurus dicanangkan jadi resolusi. Kini lebih baik mencanangkan olahraga sebagai resolusi. Rancang aktivitas olahraga ringan atau jika memungkinkan di gym selama sebulan.

Atur target dan jadwal serealistis mungkin. Noam Tamir, personal trainer sekaligus pendiri TS Fitness, New York berkata sebaiknya capai target dengan perencanaan. Jika tidak, Anda bakal merasa frustasi, tidak nyaman dan bahkan tak berhasil.

5. Memasak menu baru

Tahun baru jadi saat tepat buat keluar dari zona nyaman. Jika selama ini memasak menu andalan yang itu-itu saja, kini coba menu baru. Tak perlu menu ribet dan bahan seabrek. Menu-menu sederhana tak jadi soal. Suatu kebanggaan bisa memberikan masakan buatan sendiri untuk dia yang terkasih.

6. Lebih terhubung dengan keluarga atau sahabat

Pekerjaan dan segala tetek bengek tuntutan dan tanggung jawab sering menjauhkan seseorang dari orang-orang yang dikasihinya. Sering orang beralasan kesibukan atau tak ada waktu. Sedikit demi sedikit coba sisipkan waktu untuk kembali terhubung dengan mereka. Anda bisa memanfaatkan media sosial selain bertukar kabar lewat telepon.

7. Eliminasi barang tak terpakai

Tanpa disadari, dalam setahun ada saja barang yang dibeli. Mau tak mau kamar atau lemari makin penuh. Mengambil ilmu dari Marie Kondo, coba cek barang mana yang ingin Anda pertahankan.

Barang-barang ini tak harus dibuang. Barang layak pakai bisa didonasikan, dijual atau diwariskan buat adik dan saudara. Semakin banyak akun-akun media sosial yang khusus menjual barang ‘pre-loved’ sehingga tak perlu bingung harus ke mana melarikan barang-barang lawas Anda. (Why)