13 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

0
23
Ilustrasi

Sambaskini.com : JAKARTA — Ada satu kemewahan yang nilainya baru terasa saat kita beranjak semakin dewasa. Kemewahan ini bernama tidur siang.

Perhatikan saja rekan kerja atau teman sekelas di kampus. Biasanya, memasuki jam setelah makan siang, mata menjadi sedikit berair akibat menguap. Jika sudah begitu, rasanya berbagai cara menghilangkan rasa ngantuk segera ingin dicoba.

Kopi umumnya jadi pilihan pertama. Namun selain minum kopi, banyak langkah yang bisa kita coba untuk membuat tubuh menjadi lebih segar.

Baca juga: Ngantuk Berat Setelah Kenyang Makan, Apa Sebabnya?

Sehabis makan siang adalah waktu-waktu rawan ngantuk. Kita bisa melakukan beberapa cara menghilangkan rasa ngantuk di bawah ini untuk melawannya.

1 Minum kopi

Kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Sehingga, jangan heran jika setelah minum kopi, banyak orang yang akan merasa fokus serta kemampuan berpikirnya meningkat. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

2. Tidur siang sebentar saat jam istirahat

Tidur siang tidak harus selama 3 atau 4 jam. Cukup dengan tidur saar istirahat siang selama 15-30 menit, kita sudah bisa kembali segar. Aktivitas tidur kilat ini, dinamakan power nap dan memang sudah terbukti bisa kembali mengisi tenaga.

3 Tidak duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama di satu tempat dan dalam posisi yang sama akan membuat mengantuk. Padahal, inilah yang setiap hari dilakukan oleh para pekerja kantoran.

Untuk menghindari rasa kantuk, kita disarankan untuk sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain agar darah bisa mengalir dengan baik. Setelah itu, dijamin tubuh akan terasa lebih segar dan rasa kantuk berkurang.

4 Tidak menyantap makan siang yang terlalu berat

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat mengantuk. Jadi, saat makan siang, dibanding nasi padang, sebaiknya pilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan.

5 Membuat ruang kerja tetap terang

Jika memungkinkan, bukalah penutup jendela kantor dan biarkan sinar matahari masuk ke ruangan. Sinar matahari akan menambah energi serta meningkatkan fokus kita.

6 Mendengarkan musik yang ceria

Salah satu hal yang membuat rasa kantuk menyerang adalah sunyinya suasana ruang kerja. Sehingga, salah satu cara mengusir rasa ngantuk yang efektif adalah dengan mendengarkan musik yang ceria dan bertempo cepat. Musik tersebut bisa “membangunkan” otak.

7 Mencuci muka

Apabila sudah benar-benar mengantuk, kita bisa menyiramkan sedikit air ke wajah, terutama air dingin. Suhu dingin yang menyentuh wajah, efektif menghilangkan rasa ngantuk.

8 Memenuhi kesibukan selama jam kerja

Terkadang, rasa kantuk datang saat kita sedang tidak terlalu banyak tugas. Untuk menghindari kantuk berlebih, kita dapat mengisi waktu luang saat jam kerja dengan menyicil pekerjaan untuk esok hari.

9 Sesekali ngobrol dengan teman

Ngobrol dengan teman sekantor juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk yang menyenangkan. Apabila ada keperluan, kamu dapat berjalan ke meja rekan kerja, dibanding hanya mengirim email atau bertukar pesan lewat chat.

10 Lakukan peregangan

Melakukan stretching atau peregangan di meja kantor juga bisa mengusir kantuk. Peregangan sederhana bisa dilakukan dengan merentangkan tangan, menekuk leher ke samping kiri dan kanan, atau hanya sekadar memutar badan ke kiri dan kanan sambil duduk di atas kursi.

11 Minum air putih

Agar tidak mengantuk, kita perlu mencukupi kebutuhan cairan. Sebab, dehidrasi bisa membuat otak kehilangan fokusnya dan membuat mengantuk.

Minum air putih yang banyak juga akan menimbulkan keinginan buang air kecil, sehingga kita mau tidak mau bangkit dari kursi dan berjalan ke kamar kecil. Dengan demikian, kantuk pun akan hilang.

12 Ambil napas dalam-dalam

Berada di posisi duduk secara terus-menerus bisa membuat paru-paru sulit untuk membesar dan menangkap udara secara maksimal. Hal ini akan membuat tubuh kekurangan oksigen, sehingga merasa ngantuk.

Dengan melatih pernapasan dan mengambil napas dalam-dalam, kebutuhan oksigen akan terpenuhi dengan baik, dan rasa lelah serta kantuk pun akan berkurang.

13 Menghirup minyak atau benda-benda lain yang beraroma tajam

Menghirup aroma yang kuat seperti aroma minyak kayu putih, lemon, atau daun mint, bisa membuat lebih “melek”. Selain itu, aroma kopi juga bisa memberikan efek yang sama.

Cara mencegah ngantuk untuk jangka panjang

Selain cara menghilangkan rasa ngantuk di atas, kita juga dapat melakukan perubahan gaya hidup, agar tubuh terasa lebih segar sepanjang waktu. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar tidak terlalu sering merasa ngantuk.

Tidur yang cukup

Menjauhkan hal-hal yang bisa mendistraksi tidur kita dari kasur

Bangun di jam yang sama setiap hari

Tidur lebih awal

Makan secara teratur

Rutin berolahraga

Tidak tidur kecuali jika sudah benar-benar mengantuk

Melakukan kegiatan yang bisa membuat rileks

Melakukan cara menghilangkan rasa ngantuk memang efektif untuk jangka pendek. Namun, alangkah baiknya jika kita juga melakukan langkah yang tepat untuk jangka panjang.

Apabila telah mencoba berbagai cara tapi tidak ada yang membuahkan hasil, Anda disarankan untuk mengonsultasikan hal tersebut ke dokter. (Why)