Atbah Romin Suhaili Bupati Sambas

Sambaskini.com, SAMBAS — Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili melaksanakan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Buku Tabungan Program Sembako (Pengembangan program BPNT) di Kabupaten Sambas, Rabu (27/5/2020).

Pada kesempatan itu, Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menyerahkan 89 KKS kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Desa Sui Rambah, Desa Dalam kaum dan Desa Duria, di Aula Kantor Camat Sambas.

Dijelaskan Atbah, bantuan tersebut akan di kirim ke Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) setiap bulannya dengan besaran bantuan Rp 200 ribu setiap bulan.

Yang kemudian, bisa digunakan untuk berbelanja di Elektronik Warung Gotong Royong yang kemudian di sebut E-Warong yang sudah bekerjasama dengan Bank penyalur bantuan.

“Dengan kartu KKS yang sudah di top up oleh kemensos RI setiap bulan sebesar Rp. 200.000,” ujarnya.

“Maka KPM dapat belanja di E Warong untuk membeli bahan pangan seperti beras, telur, daging, ikan, ayam dan atau sayur, buah buahan kacang-kacangan termasuk tempe dan tahu,” tuturnya.

Ditegaskan oleh Atbah, bantuan tersebut nantinya tidak bisa diuangkan atau diambil tunai.

Namun demikian kata dia, bantuan tersebut bisa juga digunakan untuk selanjutnya jika di bulan berjalan pengguna KKS tidak menggunakannya bantuan yang sudah di transfer ke KKS tidak akan hilang.

Akan tetapi, mereka tetap menyarankan agar bisa di gunakan pada setiap bulan berjalan.

Lebih dijelaskan dia, bantuan itu tidak bisa digunakan untuk membeli barang-barang lainnya seperti pulsa dan atau rokok.

“Bantuan sembako tifak bisa digunakan KPM membeli minyak goreng, tepung terigu, gula pasir MP ASI pabrikan, mie instan, pulsa rokok dan bahan pangan lainnya yang tidak termasuk dalam point yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Disampaikan oleh Atbah, untuk Se-Kabupaten Sambas sebanyak 11.483 KPM berhak menerima bantuan KKS yang di programkan oleh pemerintah.

“Untuk di Kecamatan Sambas kurang lebih 700-an KPM yang berhak menerima bantuan ini, sedangkan untuk Kabupaten Sambas ada kurang 11.483 KPM,” jelasnya.

Oleh karenanya, ia berharap agar bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Sambas yang menerima bantuan Kartu Keluarga Sejahtera. (Why)

Sumber: Tribun Pontianak