Kegiatan Remuk Desa dan Padat Karya di Desa Lumbang Kecamatan Sambas Kamis (05/12/19)

Sambaskini.com. SAMBAS : Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas menggelar program remuk desa padat karya di Desa Lumbang Kecamatan Sambas Kamis (05/12/19) Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran sekaligus kemiskinan yang ada di kabupaten Sambas.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sambas Zainal Abidin mengatakan ada beberapa desa yang mendapatkan kegiatan seperti ini,salah satunya desa lumbang
Untuk program tenaga Kerja kali ini bertujuan untuk menciptakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha di sektor informal berikut membina serta mengembangkan kader wirausaha baru atau pengusaha pemula yang mandiri dan produktif dengan mengoptimalkan sumberdaya yang tersedia.

Sedangkan untuk kegiatan padat karya, kata Zainal lebih memprioritaskan penggunaan tenaga kerja yang cukup banyak untuk bekerja dalam suatu kegiatan pembangunan atau kegiatan usaha yang dapat memberikan penghasilan baik sementara ataupun tetap dan terus- menerus.

“Kegiatan padat karya bertujuan menekan pengangguran dan peluasan kerja, menumbuhkan rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat serta meningkatkan kemampuan managerial,” katanya.

Sementara itu Kabag Pemberdayaan Kemasyarakatan Setda Sambas H. Satono mengapresiasi kegiatan remuk desa dengan tujuan untuk pemanfaatan sumberdaya alam agar mempunyai nilai tambah untuk mengolah potensi ekonomi pedesaan lebih efisien dan produktif,

” Kita berhaap Kegiatan ini juga dalam upaya mendorong inisiatif penganggur di pedesaan agar mau dan mampu mengelola potensi ekonomi di daerahnya melalui perluasan kesempatan kerja,” Tegasnya (Ran)