Reses Ir. H. Suriansyah, M. MA di Desa Teluk Kembang Kecamatan Teluk Keramat

Sambaskini.com. SAMBAS : Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat Ir. H. Suriansyah MMA yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Kalbar Dapil Sambas menggelar reses dan Temu Konstituen mulai 16 – 19 Desember 2019.


Dalam waktu empat hari dia bertatap muka dengan ratusan warga di Kecamatan Sajad, Sambas, Teluk Keramat, Tangaran dan Kecamatan Sejangkug.
Di beberapa desa, di kecamatan tersebut Suriansyah mendorong agar percepatan peningkatan status desa menuju desa mandiri dan sejahtera.
Suriansyah mengatakan bahwa Gubernur Kalbar sudah memfokuskan salah satu program pembangunan yang fokus pada Indeks Desa Membangun dengan memberikan anggaran yang cukup bagi desa yang ada di Kalbar.
“Tentu hal ini juga bekerjasama dengan DPRD Provinsi Kalbar dan kita sudah sepakat untuk memberikan bantuan anggaran peningkatan antara lain peningkatan infrastruktur , Pendidikan , kemudian di bidang kesehatan, juga diberikan anggaran yang cukup ,” ujarnya.


Sehingga kedepan dengan harapan semakin cepat penambahan desa yang bisa menjadi desa mandiri baik itu desa maju dan berkembang menjadi desa mandiri maupun desa yang sangat tertinggal menjadi tertinggal dan menjadi desa berkembang.
Jadi harus ada kolaborasi dalam hal ini dan ada tanggung jawab desa dengan menggunakan alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD), serta tanggung jawab APBD kabupaten untuk beberapa indikator .Kemudian tanggung jawab pemerintah provinsi untuk indikator lainnya.


“Sebanyak 52 indikator yang menjadi penilaian desa mandiri bisa di kerjakan bersama antara dana desa kabupaten dan provinsi ,” ujarnya.
Dampak dengan adanya pertambahan desa mandiri tentu yang di harapkan adalah adanya peningkatan kesejahteraan desa dengan meningkatnya kesehateraan desa tentu perrkonomian desa akan bergerak dan akan mendorong pembangunan di kabupaten Sambas.
Kemudian akan meningkatkan IPM dan menurunkan angka kemiskinan ,serta pengangguran.


“Harapannya kami tentu dari DPRD mengharapkan gubernur konsisten menganggarkan dana untuk membangun desa sehingga percepatan IDM bisa kita capai lebih cepat lagi dan tentu dengan keterlibatan dari anggota DPRD ,” ujarnya.
Dalam hal ini tentu pokok pikiran anggota DPRD akan diarahkan untuk mendorong desa menjadi lebih mandiri.

Selain itu peran dari kementrian terkait dan badan yang vertikal diharapkan untuk mempercepat proses IDM dan tentu sinergitas sangat diperlukan. Dan beliau berkomitmen untuk membangun jalan poros desa yang sudah di usulkan pemerintah desa. (Ran)