H. Hildi Hamid

SambasKini.com. PONTINAK: Presiden Joko Widodo rencananya akan melantik sejumlah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/9/2020). Satu diantara yang akan dilantik yakni tokoh asal Kalimantan Barat, H. Hildi Hamid.

“InsyaAllah, hari Senin 14 September 2020 kami dilantik presiden di istana. Ada 19 dusa besar yang akan dilantik  setelah mendapat assessment dari pemerintah dan DPR RI,” tulis Hildi Hamid melalui telfon saat dihubungi, Sabtu (12/9).

Hildi Hamid merupakan satu di antara 31 nama yang diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon duta besar Indonesia yang akan bertugas di negara-negara sahabat. Nama Hildi Hamid sendiri diajukan oleh Presiden sebagai calon Dubes untuk Republik Azerbaijan, berkedudukan di Baku.

“Sekarang saya ada di Jakarta (menunggu pelantikan). Saya minta doa dari masyarakat,” tambahnya.

Selanjutnya kata Hildi, dia akan berangkat ke negara tempatnya bertugas paling lambat satu bulan setelah pelantikan.

Hildi Hamid lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, 19 Agustus 1954. Dia sempat menjabat sebagai Bupati Kayong Utara selama dua periode yakni 2008-2013 dan 2013-2018.

Suami dari Diah Permata Hildi Hamid ini merupakan orang pertama asal Kalimantan Barat yang dipercaya oleh pemerintah menjadi duta besar. Dia berhasil menoreh sejarah baru di Kalbar.

Hildi yang kini menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalbar ini juga pernah menjadi Ketua Tim
Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Amin 2019. (Ran) 

Sumber: Suara Pemred