SAMBAS. Sambas_Kini.Com : Tampaknya sudah menjadi tradisi kemeriahan hari ulang tahun (HUT) RI beragam permainan rakyat bermunculan ditengah masyarakat.
Sepertinya tidak akan sah perayaan HUT Kemerdekaan RI tanpa beragam perlombaan, termasuk dalam peringatan HUT RI ke-74 tahun ini.
Puluhan anak-anak terlihat antusias saat mengikuti beragam perlombaan permainan rakyat di Desa Sarang Burung Kecamatan Jawai Kamis (22/08/19) sore.


Sahut menyahut teriakan ‘ayo-ayo’ yang menggema dari para pendukung menambah keseruan permainan rakyat tersebut.
Tak hanya anak-anak, tua muda, orang dewasa hingga kakek nenek juga larut dalam suka cita dan kemeriahan tersebut.

Ketua Persaudaran Muslim Indonesia (PARMUSI) Kabupaten Sambas H. Satono hadir pada acara tersebut Menyamapikan penghargaan yang tinggi dan ucapan terimakasih kepada panitia HUT RI Ke 74 Desa Sarang Burung serta lapisan masyarakat yang ikut berpartisipasi pada penyelenggaraan pesta rakyat tersebut.

“Kegiatan pesta rakyat ini tentunya menjadi wadah untuk kita terus menjaga dan melestarikan budaya tradisional yang kita miliki yang mengandung nilai-nilai kearifan yang diharapkan menjadi alat pemersatu dalam membangun Sambas ke depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga H. Satono mengajak kepada masyarakat untuk dapat memaknai pelaksanaan ini sebagai momen menjaga kesatuan dan persatuan di kehidupan sehari-sehari.

Sehingga dengan demikian, keharmonisan di lingkungan masyarakat dapat tercipta.

“Saya mengajak kepada kita semua seluruh komponen masyarakat di Desa ini untuk memanfaatkan momentum peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk lebih memantapkan rasa persatuan dan kesatuan,” pungkasnya. (Ran)