Pengambilan SK oleh Pasangan Helman Darso

Sambaskini.com, PONTIANAK — DPP Nasdem akhirnya memberikan ketegasan siapa Bacalonkada (Bacalonkada) yang bakalan diusung di Kabupaten Sambas.
Duet Helman Fachri-Darso sudah diberikan ketetapan untuk bertarung di Pilkada di kabupaten dengan sebutan Serambi Mekah ini. Surat rekomendasi DPP Nasdem sudah diberikan pada Rabu(22/7) sore di kantor DPW Nasdem Kalbar, di BLKI.

Selain dihadiri Bacalonkada, masing-masing ketua partai termasuk para tim sukses juga ikut hadir.

Ketua Nasdem Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie menyebutkan alasan mendukung keduanya karena Kabupaten Sambas merupakan daerah strategis dan besar sekali. Maka dari itu, sangat layak seandainya duet Helman-Darso didorong maju.
Apalagi Kabupaten Sambas memiliki karakteristik sendiri dengan beragam keunggulan.

“Dulunya Kabupaten Sambas dikenal sebagai basis penghasil pertanian seperti beras, perkebunan berupa jeruk, pertanian dan perikanan. Namun seperti ditelan zaman, makanya Nasdem percaya duet Helman-Darso sekarang bakalan mendorongnya kembali, andai diberikan kepercayaan oleh masyarakat Sambas,” ucapnya.

Di sisi lain, alasan partai Nasdem mendukung Helman Fachri, sebagai Bacalon Bupati, karena yang bersangkutan dikenal sebagai ekonom, pendidik dan akademisi berpengalaman dalam menggurus kampus sebesar Muhammadiyah, Pontianak.

Sementara, Darso dikenal karena ilmu politiknya yang matang. Hampir 5 periode duduk sebagai anggota DPRD di Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat.

Sementara, Ketua DPC Nasdem Kabupaten Sambas, Subhan Nur meyakini duet Helman-Darso bakalan menjadi pemenang di Pilkada Sambas pada 9 Desember 2020 mendatang.
Alasan pertama, perolehan PDI Perjuangan dengan 5 kursi, Nasdem 6 kursi ditambah Perindo 1 kursi, rasanya sudah cukup mengantarkan pasangan ini sebagai pemenang.

“Apalagi di Sambas baru, baru duet Helman-Darso yang sudah lebih dari perolehan kursinya untuk mendaftar di KPU Sambas. Jadi, kami optimis bakalan memenangkan Pilkada di Sambas,” ujarnya.
Terpisah, Helman Fachri Bacalon Bupati Kabupaten Sambas yang didukung PDI Perjuangan, Nasdem dan Perindo menyebutkan bahwa dirinya tak pernah berpolitik hampir 40 tahun lamanya.

Selama itu, dia mengadikan dirinya dalam bidang pendidikan. Sementara Bacalonkada Wabup, Darso juga sudah dikenal dalam dunia politik.

“Jadi, kami bersepakat setelah setahun belakangan turun dengan memetakan pengalaman, dan ilmu tertentu. Insha Allah kami memang,” ujarnya.

Sebagai warga Sambas yang berasal dari kampung dan berkiprah di luar, Helman meyakini Pilkada Sambas mampu dipetakannya sepertii apa. Dia percaya dengan segudang pengetahuan timnya di Sambas, kemenangan akan diperolehnya. ”
Kepercayaan PDI Perjuangan, Nasdem, Perindo kepada kami untuk berjuang bersama-sama akan diraih,” tukasnya.
Darso, Bacalonkada Wabup Kabupaten Sambas cukup senang dengan konsistensi Nasdem dan PDI Perjuangan yang mendukung tanpa mahar.

“Kami (Helman-Darso) hanya diberi syarat serius maju sebagai Bacalonkada. Nah secara pribadi saya juga sudah siap mundur sebagai anggota DPRD Kalbar. Niat saya pribadi yang sudah lama berkiprah di dunia politik yakni menggurus rakyat bersama-sama,” ucapnya.(why)