Pemdes Sungai Baru Gelar Diskusi Peningkatan Kapasitas BPD

0
110

SAMBAS. Sambas_Kini.Com : Pemerintah Desa Sungai Baru Kecamatan Teluk Keramat menggelar diskusi mengenai peningkatan kapasitas Badan Permusyarawatan Desa (BPD) yang di laksanakan di Kantor Desa Sungai Baru. Pada Selasa (03/12/19) kemarin.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Wiwin Supriadi, Ketua BPD Sungai Baru Pardi Hasan beserta jajaran pengurus . kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas BPD dalam melakukan pengawasan terhadap roda pemerintahan di Desa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas BPD supaya dapat mempercepat Desa Mandiri.

Wiwin Supriadi menyampaikan “Dalam rangka mencapai desa mandiri di Kabupaten Sambas yang menjadi target Gubernur dan Bupati Sambas peran BPD sebagai lembaga pengawas ditingkat desa sangat penting,” katanya.

Dengan adanya kegiatan ini pengawasan terhadap pengelolaan keuangan di tingkat desa dapat dikelola secara tepat sasaran dan transparan.

“oleh sebab itu kami dari dinas Sosial PMD Kabupaten Sambas sangat berharap bahwa peran BPD kedepan dan terus menerus akan kita tingkatkan, agar fungsi pengawasan terhadap pengelolaan kegiatan dan proses pengelolaan keuangan ditingkat desa lebih baik lagi,” ujar dari Kepala Bidang PMD ini.

Berbagai upaya sudah dilakukan oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam mendukung yakni dengan membuat berbagai regulasi dan melakukan pembinaan terhadap stakholder yang berperan langsung di Desa.

Wiwin juga mengungkapkan bahwa yang menjadi tugas dan fungsi BPD, “sudah kita kuatkan dengan berbagai regulasi termasuk pembinaan-pembinaan yang dilakukan Dinas Sosial PMD Sambas,” ungkapnya saat dihubungi di Sambas.

“Kita berharap kedepan lembaga permusyawaratan Desa menjadi lembaga pengawas yang kuat dan bisa memberikan posisi tawar dan perbaikan kinerja ditingkat desa,” harapnya. (Ran)