Pemuda Desa Sungai Baru yang tergabung dalam Komunitas Siyau Layau dan bekerjasama dengan Karang Taruna Kharisma Kencana Desa Sungai Baru saat menyerahkan bilik sterilisasi dalam menangani penyebaran Virus Corona kepada Sudarto selaku Kepala Desa Sungai Baru beserta pemerintah Desa di Halaman Depan Kantor Desa Sungai Baru.

Sambaskini.com, SAMBAS — Sekumpulan pemuda Sungai Baru yang tergabung didalam Komunitas Siyau-Layau dan Karang Taruna Kharisma Kencana Sungai Baru berhasil membuat bilik sterilisasi dengan bermodalkan uang komunitas. Bilik sterilisasi ini akan didonasikan ke kantor Desa Sungai Baru pada Jum’at 3 April 2020.

Pembuatan bilik sterilisasi ini adalah sebagai langkah pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di Desa Sungai Baru khususnya. Pembuatan bilik sterilisasi ini memakan waktu kurang lebih 2 hari. Selain mendapatkan dukungan dari pemerintahan Desa Sungai Baru komunitas Siyau-Layau juga bermitra dengan Karang Taruna Kharisma Desa Kencana Sungai Baru.

Sudarto Eka Putra, S.Pd., S.D. selaku Kepala Desa Sungai Baru sangat mengapresiasi karya Komunitas Siyau-Layau ini. “Saya selaku kepala desa bersama segenap perangkat desa mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada komunitas siyau-layau karena telah berinisiatif membuat bilik sterilisasi ini,” ungkap Sudarto, jum’at pagi dikantor Desa Sungai Baru.

“Ini akan sangat bermanfaat dalam rangka membasmi penjangkitan virus Corona atau covid-19,” tambahnya.

Kepala desa juga berharap kepada komunitas siyau-layau ini semoga selalu memberikan hal positif dan Inovasi untuk kemajuan desa dan organisasi. “Semoga komunitas siyau-layau ini selalu berbuat positif dan memberikan inovasi-inovasi untuk kemajuan pemerintahan desa maupun untuk kemajuan organisasi,” lanjutnya.

“Bagi desa yang mungkin tertarik dan memerlukan bilik sterilisasi ini silahkan saja menghubungi Komunitas siyau-layau dan karang taruna kharisma kencana sungai baru, InsyaAllah dari mereka siap membantu dan berbagi ilmu,” tutupnya.

Dhedi Dharmawan salah satu penggagas Komunitas Siyau-layau sekaligus Ketua Karang Taruna Kharisma Kencana Sungai Baru menyampaikan bahwa bilik sterilisasi ini dibuat khusus untuk Pemerintahan Desa Sungai Baru. “Melihat kondisi sekarang dengan merebaknya virus corona saya bersama rekan-rekan berinisiatif untuk membuat bilik sterilisasi ini dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus corona,” ungkapnya.

“Dengan melihat tutorial di youtube dan referensi lainnya saya bersama rekan-rekan akhirnya bisa membuat dan menyelesaikan bilik ini dalam waktu 2 hari,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan bahwa bilik ini sangatlah aman dan tidak berbahaya untuk tubuh “Didalam bilik ini kita menggunakan bahan yang disarankan oleh dokter yaitu dengan daun sirih sebagai disinfektan alami untuk membunuh virus ataupun bakteri, jadi ketika didalam bilik kita nyalakan alatnya maka akan keluar uap-uap dari daun sirih dan tidak akan membuat baju kita basah, cukup 30 detik sambil melakukan gerakan memutar maka tubuh kita sudah steril,” lanjutnya.

“Harapan kami dari komunitas dan karang taruna semoga alat ini sangat bermanfaat dan dapat membantu pemerintah desa sungai baru, dan kami juga siap berbagi dan membantu jika ada pemerintah desa lain yang tertarik dengan bilik sterilisasi ini,” tutupnya.(why)