Sambaskini.com, SAMBAS — Kapolres Sambas AKBP Robertus Bellariminus Herry Ananto Pratiknyo melalui Kapolsek Sajingan Besar Iptu Rio Charles Hutahaean mengatakan pihaknya beberapa waktu lalu baru saja mengamankan tersangka Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Kecamatan Sajingan Besar.

“Benar, Kami Polsek Sajingan Besar telah menerima Laporan Polisi Nomor LP/180/VII/2020/Res.1.15./Kalbar/Res Sambas/Sek Sajingan. Bahwa pada 31 Juli 2020 tentang dugaan tindak pidana perdagangan orang,” ujarnya, Kamis (6/8/2020).

Dijelaskan dia, sebelumnya mereka sudah menerima laporan masyarakat bahwa ada gerak-gerik yang mencurigakan terhadap tersangka.

“Tersangka adalah HG alias TLS (28), warga Parit Bugis Kabupaten Kubu Raya,” ungkapnya.

Tersangka HG diamankan oleh Polsek Sajingan Besar di sebuah penginapan di wilayah perbatasan.

“Kami mengamankan dia di sebuah penginapan di Dusun Aruk, Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar. Kami mengamankan dia pada hari Jumat tanggal 31 Juli 2020 Sekira Pukul 13.00 Wib, saat sedang beristirahat sebelum hendak menuju Malaysia,” katanya.

“Selanjutnya kami juga mengamankan orang uang di duga adalah korban dan terlapor TPPO di Polsek Sajingan Besar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya.

Disampaikan dia, pada saat ditangkap tersangka tidak melakukan perlawanan kepada petugas.

Karenanya, tersangka HG Harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum. Dengan pasal sangkaan pelanggaran Pasal 2, Pasal 4, Pasal 10 UU No. 21 tahun 2007.

Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang dan atau Pasal 81, Pasal 83 UU nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Tidak hanya mengamankan tersangka, Polsek Sajingan Besar juga mengamankan beberapa alat bukti.

“Selain tersangka HG, kami juga mengamankan alat bukti berupa delapan buku pasport atas nama D, HG, B, A, SJ, FL, VB dan E. Tidak hanya itu kami juga mengamankan uang ringgit Malaysia senilai RM 350 dan sebuah handphone,” tutupnya. (why)

Sumber: Tribun