dr Fatah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas

SambasKini. Com. SAMBAS : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dr Fatah Maryuniani menyampaikan bahwa mereka siap melaksanakan Swab Test kepada siswa-siswi yang akan melaksanakan sekolah dan pembelajaran tatap muka.

Hanya saja kata dia, hal itu tidak bisa serta merta mereka lakukan. Karena mengingat itu merupakan kewenangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas.

“Belum (Swab). Coba Konfirmasi ke kadis Pendidikan dan Kebudayaan untuk itu. Pada prinsipnya, Dinkes sih asal ada permintaan swab dari mereka (Disdikbud) kita siap,” ujarnya, Senin, 12 Oktober 2020.

Dijelaskan oleh Fatah, saat ini pihaknya memang sedang gencar melaksanakan Swab Test kepada masyarakat Sambas Hal ini guna memetakan penyebaran virus Civid 19

“Swab Test memang masih terus kita lakukan. Minggu pertama dibukan ini sudah 430 sampel swab yang dikirim, dan untuk Minggu kedua ada 399 sampel swab,” katanya.

Saat ini, kata Fattah, data terakhir menunjukkan Sambas ada tambahan tiga kasus barukonfirmasi positif Covid-19. Kasus tersebut tersebar di tiga Kecamatan yang ada di Sambas.

“Tiga kasus itu tersebar di Kecamatan Semparuk, Tekarang dan Tebas. Dan sekarang masih di tracking, karena belum tahu kluster mana,” tuturnya.

Dijelaskan dia, dua dari tiga kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu kata di Swab di luar Kabupaten Sambas.

“Swab di RSUD Abdul Aziz Singkawang dan RS Bhayangkara Pontianak,” ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sambas ada 13 pasien positif Covid-19.