Sutarmidji Gubernur Kalimantan Barat

Sambaskini.com, PONTIANAK – Kabar baik bagi mahasiswa asal Kalbar yang saat ini masih bertahan diluar selama pandemi Covid-19. Pasalnya, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji akan memberikan bantuan dana langsung sebesar Rp 1 juta setiap bulan untuk mereka bertahan hidup di perantauan selama pandemi Covid-19.

“Kita sudah mendata, jumlah mahasiswa Kalbar yang ada di asrama Jakarta dan di Jawa, dimana jumlahnya sebanyak 114 mahasiswa,” ujar Sutarmidji di Pontianak, Senin (27/4/2020).

Ia menuturkan bantuan itu bersumber dari Biaya Tidak Terduga (BTT) yakni sebesar Rp228 juta. Dimana masing-masing mahasiswa mendapatkan bantuan Rp1 juta untuk waktu 2 bulan, yaitu bulan April dan Mei 2019.

Sutarmidji berharap agar mahasiswa yang ada di luar Kalbar bisa tetap bertahan di asramanya dan tidak pulang dulu, untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Demikian dengan masyarakat Kalbar yang masih di luar, jangan pulang dulu karena kalau masih nekat pulang akan kita karantina selama 28 hari,” katanya.

Untuk menanggulangi dampak COVID-19 ini, Pemprov Kalbar juga telah menyiapkan program bantuan beras kepada masyarakat Kalbar, dimana Pemprov Kalbar telah mengalokasikan bantuan untuk 463.000 KK miskin yang tersebar diseluruh wilayah Kalbar.

“Dengan bantuan beras tersebut, setiap KK miskin mendapatkan 20 kilogram beras,” tukasnya.(why)