Ilustrasi

Sambaskini.com, PONTIANAK – Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengungkapkan berdasarkan data terbaru pasien terkonfirmasi positif Covid-19 untuk Kota Pontianak ada penambahan sebanyak tiga orang.

Penambahan tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut masuk dalam kategori tenaga kesehatan.

“Sehingga sampai saat ini jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 33 orang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu pada Jum’at (1/5).

Sidiq menjelaskan dengan adanya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada tenaga kesehatan menjadi peringatan bagi semua pihak.

Tenaga kesehatan sebagai garda pengawal paling terakhir saat ini sudah mulai terkena Covid-19.

“Kita harapkan masyarakat sebagai garda terdepan, harus lebih ketat dalam menjaga kesehatan,” jelasnya.

Dikatakannya upaya menjaga kesehatan dari masyarakat bisa dilakukan dengan personal distancing, jaga jarak, hindari kerumunan, kurangi aktivitas diluar, menggunakan masker, dan sering-sering mencuci tangan dengan sabun.

“Bilamana masyarakat sebagai garda terdepan dalam memberantas Covid-19 sukses, maka tidak akan menyerang garda paling belakang yakni tenaga kesehatan,” katanya.

Ia mengungkapkan jika semakin banyak tenaga kerja kesehatan yang menjadi korban Covid-19 tentu akan mengkhawatirkan. Dengan jumlah tenaga kesehatan yang terbatas tentu akan mengurangi sumberdaya kesehatan yang ada.

“Jika ada satu tenaga kesehatan yang terkena tentu yang lain akan terpapar, akibatnya tentu memerlukan masa pemulihan,” ungkapnya.

Dirinya menyampaikan tenaga kesehatan yang mengalami reaksi reaktif maka akan dilakukan isolasi. Pihaknya juga secara intensif melakukan tracing terhadap orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penelusuran dilakukan terhadap orang yang pernah berkontak dengan pasien tersebut dalam waktu satu bulan terakhir. Sampai orang yang terakhir ketemu dengan pasien tersebut juga ditelusuri.

“Masyarakat kita harapkan secara sadar melaporkan diri bilamana ada kontak dengan penderita baik PDP maupun terkonfirmasi positif Covid-19,” pungkasnya.(why)

Sumber: suara pemred