Nadiem Makarim

Sambaskini.com, JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan tahun akademik pendidikan tinggi 2020/2021 tetap dimulai pada Agustus 2020. Demikian disampaikan Nadiem dalam keterangan pers secara virtual, Senin (15/6/2020).

“Tahun akademik pendidikan tinggi dimulai Agustus 2020 tapi masih daring (online) karena universitas punya potensi mengadopsi pendidikan jarak jauh lebih besar daripada menengah dan dasar,” ujar Nadiem.

Kendati demikian, Ia bilang ada pengecualian dalam wujud aktivitas prioritas dengan protokol kesehatan. Aktivitas itu, menurut Nadiem, sangat berhubungan dengan kelulusan mahasiswa yang tidak dapat digantikan dengan pembelajaran daring.

Ia mencontohkan penelitian mahasiwa di laboratorium untuk skripsi, tesis, dan disertasi. Kemudian tugas laboratorium, praktikum, studio, bengkel, dan kegiatan akademik/vokasi serupa.

“Boleh datang ke kampus yang berhubungan dengan ini karena kami tidak ingin mengorbankan potensi mahasiswa untuk lulus,” kata Nadiem.(why)

Sumber: CNBC Indonesia