Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memberikan sambutan pada puncak peringatan HUT Ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 30 November 2019. Acara tersebut mengangkat tema ” Peran strategis Guru dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia unggul.

Sambas kini.com ; Pontianak – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mewacanakan rencana penghapusan Ujian Nasional (UN) untuk diberlakukan pada tahun ajaran 2020/2021 mendatang.

Terkait penghapusan Ujian Nasional (UN) saat ditanyai oleh awak media, Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengatakan bahwa dirinya setuju sepanjang ada media lain sebagai parameter ukurnya.

Ia mengatakan sebenarnya bukan masalah ujian nasional tapi porsinya supaya tidak menjadi momok bagi anak.

Tapi evaluasi diakhir pelajaran itu harus dilakukan.
“Karena bagaimana kita mau mengklasifikasikan dan mengukur kemampuan siswa. Jadi evaluasi itu harus ada,” ujarnya.

Ia mengatakan bukan cenderung kepada ujian nasional, tapi ujian lokal karena pemerataan pendidikan tidak sama di seluruh Indonesia .

Selain itu hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah mengevaluasi jurusan yang sudah jenuh.

” Jangan sampai mencetak pendidikan program S1 tau- tau jurusannya jenuh. Perguruan tinggi juga harus berani untuk melakukan evaluasi,” pungkasnya. (Why).