Juru Bicara Khusus Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto Mengatakan Pemerintah Menerima Sumbangan Rp 80 Miliar

Sambaskini.com, JAKARTA ‐‐ Juru Bicara khusus penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan bahwa pemerintah telah menerima sumbangan dari masyarakat untuk percepatan penanganan virus corona dengan total lebih dari Rp80 miliar hingga saat ini.

Sumbangan tercatat dalam dua rekening yang dibuka pemerintah untuk menampung sumbangan masyarakat, yakni di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Desk Relawan Percepatan Penanganan Covid-19.

“Melalui dua rekening, baik di rekening Covid-19 sudah lebih dari Rp40 miliar yang tercatat, mau pun rekening relawan Desk Relawan Gugus Tugas (Percepatan Percepatan Penanganan Covid-19)dan ini jumlahnya juga sudah lebih Rp40 miliar,” kata Yuri dalam keterangan persnya, di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (31/3) petang.

Ia yakin sumbangan dari masyarakat untuk penanganan virus corona ini akan terus bertambah di hari mendatang. Yuri berjanji pemerintah akan menggunakan sumbangan dari masyarakat secara transparan, tepat dan penuh tanggung jawab.

Dia juga menuturkan laporan tentang sumbangan masyarakat dalam penanganan virus corona bisa dilihat secara terbuka di portal covid19.go.id dan bnpb.go.id.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan bahwa pemerintah membuka pintu donasi dari berbagai pihak yang ingin mendukung langkah-langkah percepatan penanganan virus corona di Indonesia. Donasi bisa berupa uang atau barang.

Agus menyampaikan donasi akan dikelola oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diketuai Doni Monardo.

“Membuka dukungan dari berbagai pihak, dalam dan luar negeri, untuk mempercepat penanganan coronavirus disease 2019 atau Covid-19. Penerimaan bantuan dapat berupa uang dan barang,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (24/3).

Ia juga menerangkan donasi berupa uang yang berasal dari dalam negeri bisa disalurkan melalui rekening Bank BRI dengan nomor 0329-01-004314-30-6 atas nama RPL 175 PDHL BNPB COVID-19 DN.

Sementara donasi berupa uang dari luar negeri bisa disalurkan melalui rekening Bank BNI dengan nomor 2019191251 atas nama RPL 175 PDHL BNPB COVID-19 LN. Kode unik atau SWIFT code yang digunakan adalah BNINIDJA*.

Virus corona telah menginfeksi 1.528 orang di Indonesia per Selasa (31/3). Sebanyak 136 di antaranya meninggal dunia dan 81 sembuh dari Covid-19.(why)