Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin

Sambaskini.com ; PONTIANAK. Tiga daerah di Kalimantan Barat dapat menyaksikan gerhana matahari cincin yang terjadi pada Kamis (26/12/2019) besok.

Tiga  posisi di Kalbar yang bisa melihat gerhana matahari cincin ini hanya didaerah sekitar Kota Singkawang saja, seperti Sambas dan Bengkayang tapi untuk daerah terdekat Singkawang.

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang bisa menyaksikan secara langsung gerhana matahari cincin yang sudah terjadi tiga abad yang lalu. Titik pusat terjadinya fenomena alam kali ini di Kota Singkawang.

Sejumlah kegiatan dilangsungkan pada kota yang berjuluk Kota Amoy ini dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pontianak juga menyelenggarakan kegiatan disana untuk mengamati gerhana matahari cincin.

Ketua Tim Balai Lapan Pontianak, Nia Syafitri menjelaskan pada Tribun Pontianak untuk daerah di Kalimantan Barat mulai gerhana pukul 10.43 WIB, Kamis (26/12/2019).

“Puncak gerhana matahari cincinnya yang bisa dilihat dari Kota Singkawang terjadi pukul 12.42 WIB dan gerhana ini akan berakhir pukul 14.31 WIB,”ucap Nia Syafitri, Rabu (25/12/2019).

“Durasi gerhana matahari cincin di Kota Singkawang 3 menit 38 detik. Sedangkan didaerah lainnya yang berada didekat Simgkawang lebih singkat,”jelasnya.

Seperti di Sambas dan Bengkayang untuk daerah terdekat dengan Kota Singkawang bisa melihat gerhana matahari cincin tapi durasinya sangat cepat.

“Tidak semua daerah di Kalbar dapat melihat gerhana matahari cincin, tapi hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian,” tegasnya.

Seperti di Kota Pontianak hanya bisa melihat gerhana matahari sebagian. Kantor Lapan Pontianak juga mengadakan pengamatan terhadap matahari sebagian.

Fenomena gerhana matahari cincin ini bisa terjadi 1-2 kali dalam setahun, cuma untuk terhadi di titik atau tempat yang sama disebutkannya bisa terjadi rata-rata diperkirakan 300 tahun sekali. (Why)