Pemdes Sungai Toman Gelar Pelatihan Dasar Karang Taruna Pemuda Tangguh

0
82
Kegiatan Pelatihan Dasar yang diisi oleh Wahyudi dari Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten Sambas

Sambaskini.com : SAMBAS — Pemerintah Desa Sungai Toman gelar pelatihan dasar kepemimpinan,  guna meningkatkan kapasitas pengurus Karang Taruna Pemuda Tangguh Desa Sungai Toman, Sabtu 25 Januari 2020 di Kantor Desa Sungai Toman Kecamatan Salatiga, Kabupaten Sambas.

Ketua Umum Karang Taruna Desa Sungai Toman, Habiri mengatakan “Pelatihan Dasar KT ini merupakan hasil dari koordinasi Pihak Karang Taruna dan pemerintahan desa dalam upaya untuk memberikan bekal serta dapat meningkatkan kapasitas kader Karang Taruna Desa Sungai Toman agar lebih paham tugas pokok dan fungsi pengurus pada bidang masing-masing,” katanya.

Kegiatan pelatihan ini pertama kali digelar. Banyak materi yang di sampaikan oleh pemateri serta materi yang tidak monoton.

Kegiatan berlangsung

“Pelatihan Karang Taruna Desa Sungai Toman ini adalah pertama kali dilakukan di Desa Sungai Toman. dan materi yang disampaikan tidak terlalu monoton, tidak selalu power point yang ditampilkan yang mungkin akan membuat kami bosan, tapi beberapa permainan yang berupa tantangan bagi kami adalah hal yang sangat mengasikan,” ujar Habiri.

Dia juga menambahkan sangat bersyukur dengan pelatihan yang dilaksanakan karena dapat memberikan pedoman kepada pengurus karang taruna.

Habiri menambahkan “Saya sangat bersyukur pelatihan seperti ini bisa di laksanakan, karena bisa memberikan kita Panduan sebagai Karang Taruna Desa Sungai Toman yang Usianya baru kurang lebih satu tahun dari hari pelantikan dan Masih Sangat Muda,” tambahnya.

Kegiatan ini menghadirkan  narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu dari Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten Sambas.

“Apalagi yang kita hadirkan adalah orang yang benar-benar bergelut dalam Karang Taruna, yaitu dari Forum Komunikasi Karang Taruna Kabupaten Sambas, tentu ini akan menjadi suatu langkah awal bagi KT Pemuda Tangguh Desa Sungai Toman untuk menjadi KT yang memiliki daya saing tingkat Kabupaten diantara beberapa Desa Lainya dan relasi pada pihak Karang Taruna Kabupaten,” lanjutnya.

“Jujur saya sangat senang di adakan kegiatan ini sekaligus menjadi peserta disana, saya katakan semangat saya dan kawan-kawan pengurus Terbakar dan lebih semangat lagi untuk lebih aktif di Karang Taruna,” tutup Habiri Ketua Karang Taruna Sungai Toman.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala desa Sungai Toman dan pemateri.

Wartono Kepala Desa Sungai Toman ketika sambutan mengatakan “Semoga dengan diadakan pelatihan seperti ini, kawan – kawan pemuda Desa Sungai Toman dapat mengambil manfaat dan kemudian memberikan maanfaat kepada seluruh Masyarakat. Kemudian turut berkontribisi dalam upaya memajukan Desa kita bersama dan dapat merangkul kawan – kawan pemuda lainya untuk sama-sama belajar di Karang Taruna,” katanya.

Kepala Desa Sungai Toman juga berharap kepada seluruh pemuda Desa dapat membaur dan bersatu dalam hal kebaikan, tidak mengedepankan ego masing-masing dusun melainkan mengedepankan kebersamaan dan persatuan. Karena persatuan akan memberikan kekuatan sehingga tidak terkalahkan.

“Karang Taruna merupakan Organisasi Bakti Sosial pemuda Desa kepada masyarakat dan siapa saja yang masih rentang umur dari 11 – 45 Th merupakan anggota Karang Taruna karena ini adalah Organisasi Desa yang bersifat non partisipan, jadi Karang Taruna adalah milik bersama,” ujarnya.

“saya berharap kepada Karang Taruna agar saling mensupport satu sama laing agar organisasi ini berfungsi dengan baik, tidak hanya mengharapkan satu orang atau sebaliknya, jangan sampai hanya satu dua orang, akan membuat kawan² yang lainya menjadi tidak bersemangat,” harapnya.

Wahyudi, selaku narasumber dari FKKT (Forum Komunikasi Karang Taruna) Kab. Sambas menyampaikan bahwa “Karang Taruna adalah Organisasi sosial tingkat desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Merupakan organisasi paling strategis karena bisa bersentuhan langsung kepada seluruh Masyarakat, baik Kalangan muda, menengah, dan kalangan tua, semuanya adalah tugas kita bersama untuk berkontribusi dalam hal apa saja selagi kebaikan dikedepankan. “Lakukan kegiatan – kegiatan bermanfaat di Desa, tapi jangan lupa niatkan karena Lillahi Ta’ala, agar semuanya menjadi ladang kebaikan untuk kita bersama”, ujarnya.

Kemudian dari beberapa rentetan acara yang dilakukan ketika pelatihan,  Wahyudi juga mengajarkan bagaimana kami selalu pemuda desa bisa turut aktif menyelesaikan masalah apa saja yang terjadi di Desa, tentu ini menjadi gambaran kami kedepan untuk selalu peka terhadap apa yang terjadi dan bagaimana kami menyikapi.

Vicky Erwansyah, selaku anggota karang taruna mengungkapkan bahwa ikut di kegiatan karang taruna ternyata sangat mengasyikan, “Ternyata ikut di kegiatan seperti ini sangat mengasyikan, bisa berbaur dengan teman-teman,  mengenal satu sama lain, lebih mengakrabkan, bahkan sampai sakit perut tertawa ketika bagian permainan yang menurut saya sangat menantang,”.

Ia juga menambahkan bahwa, “didalam pelatihan tersebut banyak manfaat yang bisa kita dapat, mulai dari belajar diskusi dan mencari solusi dari beberapa masalah, berbicara didepan teman – teman, kerja sama team masing-masing kelompok, dan menyadarkan kami biak – biak mudak sudah harus ikut belajar di organisasi dan ikut berkontribusi dalam kemajuan Desa,” Pangkasnya.(Hy)