Transportasi Air masih Menjadi Daya Tarik Masyarakat Sambas

0
34
Suasana penumpang saat berada di motor air

Sambaskini.com : SAMBAS —Transportasi air masih menjadi daya tarik masyarakat Kabupaten Sambas. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini juga memiliki banyak sungai di setiap daerahnya.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di sungai ini. Hal ini dimanfaatkan oleh seorang yang memiliki usaha dibidang jasa pengangkutan yakni melalui transportasi air atau yang di sebut dengan motor air.

Transportasi ini sudah ada sejak Tahun 60 an dan bertahan sampai sekarang. Transportasi ini dulunya menjadi sarana angkutan untuk membawa penumpang dari desa Sungai Baru sampai ke Tebas.

Selain itu dia juga mengungkapkan
“Transportasi ini sudah digunakan sejak tahun 60 an dan masih bertahan sampai saat ini, walaupun sekarang penumpang memang agak kurang dari dulu. Hal ini dikarenakan kemajuan teknologi dan orang sudah beralih ke transportasi darat,” ungkapnya.

Transportasi air ini beroperasi dari jam 7 pagi dan kembali lagi ke Sungai jam 11 siang. Beroperasi setiap hari.

Dadang pemilik transportasi ini mengatakan “transportasi air ini beroperasi dari pagi sampai siang dan setiap harinya jalan. Selain itu juga kegiatan ini sudah menjadi mata pencaharian kami karena masih banyak masyarakat yang menggunakan nya,” katanya saat diwawancarai.

“Kami sebagai penyedia jasa ini merasa bangga dan senang masih ada masyarakat yang masih tertarik menggunakan alat transportasi ini,” Jelasnya.

Sudah dari dulu orang Sambas memang sudah terbiasa menggunakan transportasi ini dan menjadi daya tarik tersendiri untuk digunakan.

Dadang juga berharap dapat diperhatikan oleh pemerintah dan dinas terkait.

“Selain itu kami berharap pemerintah kabupaten Sambas yang berwenang dalam bidang kami ini dapat memperhatikan kami. Kami juga berharap pemerintah dapat memperhatikan dermaga-dermaga yang sudah banyak rusak,” harapnya.

Wahyu salah satu pengguna transportasi ini merasa senang dan nyaman masih ada transportasi air yang bertahan seperti ini. Hal ini mengingat kan sejarah Sambas yang menggunakan transportasi air sebagai kebanggaan pada jaman dahulunya.

“Saya merasa senang dan nyaman masih ada transportasi air ini yang dapat mengingatkan kita kepada jaman dulunya yang mana transportasi air menjadi kebanggaan orang Sambas,” karanya.

Banyaknya pemandangan di sekitar motor air ini membuat suasana semakin alami dan terasa segar saat melintasinya. Selain itu juga masih terjaganya hewan hewan endemik yang terlihat di tepi sungai membuat suasana semakin alami.

“Banyak pemandangan yang dapat terlihat yaitu pinggiran sungai yang sangat alami serta banyak hewan-hewan endemik. Hal ini membuat daya tarik serta dapat menghirup udara segar pada saat perjalanan,” jelasnya. (Why)