Peduli Akan Budaya Literasi, Pemuda di Sambas Lakukan Hal Ini

0
55

Ada hal unik yang terlihat jika kita berkunjung ke taman lunggi Sambas setiap akhir pekan, dimana sejumlah pemuda dengan kreatifitasnya membuat sebuah gebrakan yang bilang cukup unik, yakni mereka membuat sebuah lapak baca yang bertujuan menyedikan buku buku bacaan bagi pengunjung yang mampir di Taman Lunggi Sambas. Lapak baca yang telah hadir sejak Januari 2019 ini dikenal dengan sebutan Lapak Baca Bang Tibo yang diambil dari nama pencetusnya yakni Bang Tibo.

Bang Tibo yang mempunyai nama asli Saputra, menginisiasi sebuah gerakan ini yang bertujuan menumbuhkan minat baca masyarakat yang sekarang minat baca tersebut sangat sangat rendah.

“Saya dan teman teman yang berjumlah kurang lebih 10 orang menginisiakan kegiatan ini, awalnya berasal dari rasa prihatin dengan rendahnya minat baca masyarakat, masyarakat lebih tertarik dengan gadget mereka dibandingkan dengan buku. diharapkan dengan adanya lapak baca sederhana yang kami buat ini, bisa menumbuhkan minat baca di Sambas” Ujar Bang Tibo (4/8)

Bang Tibo juga menjelaskan bahwa koleksi buku buku yang mereka punya memiliki ciri khas dengan komunitas literasi yang lain, yakni mereka hanya berfokus pada literasi-literasi keislaman. Menurutnya literasi-liteasi islam sangat penting dihadirkan di masyarakat selain memberikan pengetahuan, diharapkan literasi-literasi islam yg dibaca ini akan menjadi wasilah datangnya hidayah islam, menumbuhkan keimanan kepada pembacanya.

Pemuda lulusan Akademi Dakwah Indonesia Sambas ini menambahkan bahwa gerakan ini merupakan suatu bentuk pengabdian dakwahnya dimasyarakat.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, ini merupakan bentuk agenda dakwah yang saya dan teman-teman canangkan, karena dakwah itu cakupannya luas, tidak hanya ceramah diatas mimbar, dengan menyediakan literasi-literasi islam juga merupakan bentuk dakwah, dan untuk sekarang bentuk dakwah seperti inilah yang bisa kami lakukan” tambahnya (4/8).

Lapak Baca Bang Tibo ini hadir setiap hari Sabtu di Halaman Keraton Sambas dan setiap hari Minggu di Taman Lunggi Sambas, mulai dari pukul 15.30-17.30. Selain menyediakan buku-buku bacaan, mereka juga menyedikan permainan dan mewarnai untuk anak -anak.