SEA Games 2019: Timnas U-23 Lolos ke Semifinal Taklukkan Laos

0
31
Timnas Indonesia merayakan gol setelah berhasil membobol pertahanan Laos

Sambaskini.com: Jakarta – Kiprah Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2019 berlanjut ke babak semifinal. Kepastian ini didapat setelah Osvaldo Haay dan kolega meraih kemenangan 4-0 atas Laos pada laga pamungkas grup B, Kamis (5/12/2019) sore WIB.

Timnas U-23 lolos ke babak semifinal dengan status runner up grup lantaran di laga lainnya, Vietnam bermain imbang 2-2 dengan Thailand. Hasil itu membuat Vietnam lolos sebagai juara grup lewat torehan 13 poin, unggul satu angka atas Timnas U-23.

Gol pertama Timnas U-23 di laga ini dicetak Saddil Ramdani pada menit ke-4, Osvaldo Haay pada menit ke-47 dan menit ke-90, serta Bagas Adi Nugroho pada menit ke-72.

Timnas U-23 turun dengan kekuatan terbaik. Nadeo Argawinata kembali mengawal gawang skuat Garuda Muda. Duet Bagas Adi Nugroho dan Andy Setyo berdiri di depannya dengan Asnawi Mangkualam serta Nurhidayat di kedua tepi.

Di lini tengah, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, dan Evan Dimas yang memegang kendali. Ketiganya sekaligus menopang pergerakan trio Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, dan Osvaldo Haay di lini depan.

Trio Saddil-Egy-Osvaldo ini sendiri menjadi tumpuan utama Timnas U-23 kala menghajar Brunei Darussalam 8-0 di laga sebelumnya. Melawan Laos, hal tersebut kembali tersaji. Timnas U-23 bahkan unggul cepat lewat salah satu di antara ketiganya.

Dalam hal ini, Saddil yang mengambil giliran pertama. Pada menit ke-4, tendangan bebas kaki kirinya langsung di arahkan ke gawang Laos. Kiper Laos tak mampu menghalaunya. Timnas U-23 unggul 1-0.

Setelah unggul, Timnas U-23 di atas angin. Mereka kian nyaman mengalirkan bola dari kaki ke kaki sehingga laga tampak cuma berjalan searah. Sayangnya, permainan rapat Laos membuat Timnas U-23 kesulitan.

Tiap kali memasuki sepertiga akhir lapangan, Egy dan kolega kerap memaksakan diri. Alhasil, tak banyak peluang berbahaya yang mereka dapat di sisa waktu babak pertama. gol tambahan pun juga tak kunjung didapat.

Selebrasi pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Timnas Singapura di Stadion Rizal Memorial, Filipina. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jika ada hal yang mesti dan bisa disyukuri, itu adalah gol cepat Saddil tadi. Fakta bahwa Laos tak begitu sering mengancam pertahanan skuat Garuda juga menjadi hal lain yang patut disyukuri.

Sepanjang 45 menit babak pertama hanya sekali Laos benar-benar mengancam gawang Timnas U-23. Itu terjadi di menit 40 via tendangan bebas. Untungnya, Nadeo mampu menghalau sepakan tersebut.

Memasuki paruh kedua, Timnas U-23 langsung menggebrak. Mereka bermain lebih agresif hingga akhirnya mampu mencatatkan gol tambahan. Kali ini, giliran Osvaldo yang sukses mencetak gol. Timnas U-23 unggul 2-0.

Skuat Garuda Muda belum berhenti. Mereka terus menekan pertahanan Laos. Namun, narasi serupa babak pertama kembali tersaji: Timnas U-23 kembali dibikin kesulitan. Mereka kembali kesulitan mendapatkan peluang.

Hal ini kemudian direspons pelatih Indra Sjafri dengan melakukan perubahan skema bermain. Ia menarik keluar Egy pada menit 66. Di laga ini, Egy memang tidak tampil optimal. Ia digantikan oleh Witan Sulaeman.

Pemain Timnas U-22 Indonesia Egy Maulana Vikri berebut bola dengan pemain Timnas Singapura saat pertandingan SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Filipina.

Sejak Witan masuk, Timnas U-23 lebih mengancam. Sejumlah peluang berbahaya pun kembali mereka dapatkan. Salah satunya berujung penalti yang kemudian dieksekusi oleh Bagas Adi di menit ke-72.

Mula-mula eksekusinya dimentahkan kiper Laos. Namun, wasit mengulang penalti tersebut lantaran ada pemain yang memasuki kotak penalti sebelum eksekusi dilakukan.

Di eksekusi kedua, sayangnya, Bagas Adi kembali gagal menuntaskannya dengan sempurna. Tapi dewi keberuntungan seperti tengah menempel pada Bagas.

Bola hasil sepakannya yang dihalau kiper Laos kembali mengarah kepada dirinya. Dengan cekatan, Bagas menyambar bola tersebut guna membayar kegagalan penaltinya tadi.

Gol bek tengah Bhayangkara FC ini bukan gol terakhir yang tercipta. Jelang pertandingan usai, Timnas U-23 menjauh lewat gol kedua Osvaldo. Gol ini jadi terakhir pada laga ini. Dengan begitu, Timnas U-23 menutup laga dengan kemenangan 4-0. (Why)

Sumber: kumparan.com